Mengenal Jenis-Jenis Printer

  • Whatsapp


Dari waktu ke waktu, printer memang terus mengalami perkembangan yang pesat. Berbagai macam produk printer pun diciptakan guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang memanfaatkan printer sebagai media pencetak, perbanyak, dan scan dokumen. Tak heran, jika kini banyak toko jual printer yang tersebar di berbagai penjuru kota dan bahkan beberapa di antaranya ada yang menjualnya melalui website resmi seperti Brother yang bisa dicek melalui laman https://www.brother.co.id/id-id/support/retailer-locations.

Seperti diketahui, printer merupakan alat yang digunakan untuk mencetak foto maupun dokumen yang saat ini digunakan oleh hampir seluruh perusahaan, kantor, instansi dan lain sebagainya. Fungsi utama printer yang mengubah teks maupun dokumen grafis dari bentuk digital menjadi bentuk fisik ini sangat membantu, terutama untuk urusan yang sifatnya dokumentasi administrasi. Selain itu, printer juga sangat membantu khususnya bagi mereka yang tengah mengenyam bangku pendidikan. Printer biasanya sering digunakan sebagai salah satu sarana untuk mengerjakan tugas ataupun lainnya.

Read More

Nah, terdapat beberapa jenis printer yang bisa digunakan untuk mencetak dokumen ataupun foto tersebut seperti yang dilansir dari laman promediacom.id. Check it out:

1. Printer Inkjet

Jenis printer ini memang sering Anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Di mana, Printer Inkjet ini bekerja dengan cara menyemprotkan tinta ke kertas serta membentuk gambar. Tinta yang digunakan pada printer ini biasanya disimpan dalam cartridge tinta. Keunggulan yang dimiliki oleh printer satu ini adalah sangat mendukung ketika dipergunakan untuk multimedia, sebab printer jenis ini mempunyai kualitas grafis yang sangat bagus.

2. Printer Laserjet

Printer Laserjet ini biasanya memakai laser pada saat proses cetak dokumen. Cara kerja dari printer jenis ini yaitu dengan menyinari alat menyerupai drum dengan laser sehingga akan membentuk pilar gambar untuk dicetak. Kelebihan yang dimiliki oleh printer ini adalah proses cetaknya yang cepat dan berkualitas tinggi dibanding Printer Inkjet.

3. Printer LED/LCD

Sebetulnya Printer LED/LCD memiliki spesifikasi yang mirip dengan Printer Laser. Hanya saja, untuk Printer LED/LCD ini memakai light-emiting diode. Selain itu, printer jenis ini juga memiliki keunggulan berupa kualitas cetaknya yang baik.

4. Printer Dot Matrix

Printer Dot Matrix biasanya memakai set pin dan pita yang sudah tersusun rapat untuk mencetak huruf dan karakter. Cara kerja dari printer jenis ini pun hampir sama dengan mesin tik, namun kecepatan cetaknya bisa mencapai 50 hingga 500 karakter per detik.

5. Printer Solid Ink

Jenis printer ini memakai tinta yang telah dililinkan. Untuk cara kerjanya sendiri dimulai dengan melelehkan tinta lalu ditampung pada suatu tempat dan kemudian dipindahkan ke sejenis drum untuk mendinginkan tinta sebelum proses cetak ke media kertas.

6. Printer Thermal

Printer satu ini biasanya dipakai sebagai mesin fax atau untuk kasir. Cara kerja printer ini yaitu dengan mengambil gulungan kertas lalu berubah gelap saat dipanaskan. Printer jenis ini biasanya tidak membutuhkan toner, tinta, maupun perlengkapan lainnya sehingga sangat mudah dari segi penggunaan maupun perawatannya.

7. Printer Multifungsi

Sesuai dengan namanya, jenis printer satu ini merupakan perangkat serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas seperti mencetak, scan, fax, duplex, dan lain-lain. Tentu saja, menggunakan printer multifungsi ini akan sangat bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan printer karen bisa digunakan untuk banyak hal sekaligus.

Dengan banyaknya jenis printer yang dijual di pasaran, tentu akan semakin memudahkan Anda saat memilih mesin pencetak dokumen tersebut. Namun demikian, ketika membelinya, baiknya pilih jenis printer yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Selain itu, pastikan memilih printer yang berkualitas agar lebih awet dan hasilnya selalu memuaskan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *