Lakukan 4 Tips Ini Agar Anak Mau Memakai Masker Kain

  • Whatsapp

lakukan-4-tips-ini-agar-anak-mau-memakai-masker-kain

Menggunakan masker kain merupakan langkah tepat di tengah pandemi covid-19. Dengan menggunakan alat pelindung ini, setidaknya Anda sudah berpartisipasi untuk memutus penyebaran virus corona. Tidak hanya orang dewasa, tetapi anak kecil di atas tiga tahun juga wajib menggunakan masker. Oleh karena itu, Anda harus membelikan si kecil masker di toko yang jual masker kain.

Read More

Namun, kendala yang sering dihadapi adalah saat si kecil tidak mau menggunakan masker kain. Bagi mereka, masker kain sangat mengganggu mengingat aktivitas sehari-harinya adalah berlarian kesana kemari dan berteriak-teriak. Ini tentu saja menjadi effort tersendiri bagi orang tua agar anaknya mau menggunakan masker apalagi saat berada di tempat umum.

Agar si kecil mau menggunakan masker, intip tips mudahnya berikut ini.

1. Berlatih di Rumah

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan berlatih terlebih dahulu di rumah. Pasalnya, anak-anak yang belum terbiasa menggunakan masker tentu saja akan merasa risih. Bahkan, belum ada lima menit, masker tersebut sudah dilepas. Oleh karena itu, Anda bisa menyiasatinya dengan bermain role player. Misalnya, menjadi spiderman yang mengharuskan si kecil menggunakan masker seolah menutup seluruh mukanya.

2. Menggunakan Bahan Masker yang Nyaman

Si kecil tidak ingin menggunakan masker bisa jadi dikarenakan bahannya yang tidak nyaman. Oleh karena itu, Anda sebagai orangtua harus peka dengan kondisi ini. Pilihlah masker kain yang tidak kasar tapi tetap tebal. Pastikan bahannya terbuat dari katun dan sejenisnya agar lebih mudah untuk menyerap keringat. Ini bisa dibeli di tempat jual masker kain di mana saja.

3. Memilih Masker Kain dengan Motif Lucu

Anak-anak akan lebih menyukai masker dengan motif yang mencolok. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk membelikan si kecil masker dengan gambar bunga, misalnya, atau gambar tayo untuk anak laki-laki. Dengan memilih masker fullprint, si kecil akan lebih tertarik untuk menggunakan masker kemanapun ia pergi. So, pilih juga masker custom atau fullprint yang ramah anak, ya.

4. Menjelaskan Fungsi Masker dengan Bahasa Anak-anak

Jika si kecil masih saja tidak mau menggunakan masker saat keluar rumah, jelaskan secara pelan-pelan fungsi masker tersebut. Anda bisa menggunakan bahasa-bahasa sederhana yang lebih mudah dimengerti anak. Jika perlu, gunakan analogi agar si kecil lebih bisa menangkap maksud Anda. Dengan demikian, si kecil mau menggunakan masker saat pergi keluar rumah.

Itulah lima cara agar si kecil mau menggunakan masker kain di tengah pandemi ini. Lindungi keluarga Anda dari virus mematikan ini, dan jangan lupa juga beli masker di tempat jual masker kain terdekat agar penyebaran virus bisa dicegah sedini mungkin.

Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *