5 Penyebab Berkurangnya Produksi ASI yang Perlu Diketahui

5-penyebab-berkurangnya-produksi-asi-yang-perlu-diketahui

Menjalani peran sebagai ibu menuntut Anda memberikan yang terbaik untuk buah hati, salah satunya ketika buah hati Anda berada dalam tahapan menyusui. Banyak hal yang bisa dilakukan sebagai ASI booster dan membuat produksi ASI Anda bisa selalu melimpah dan mencukupi kebutuhan si bayi. Namun terkadang para ibu menyusui terutama ibu baru tidak mengetahui bahwa ada beberapa hal yang bisa membuat produksi ASI mereka berkurang.

Penyebab ASI berkurang

Berikut beberapa hal yang bisa menjadi penyebab berkurangnya produksi ASI yang perlu Anda ketahui dan sebaiknya dihindari.

1. Penggunaan obat-obatan tertentu

Obat-obatan yang mengandung bahan kimia memang sebaiknya sudah Anda hindari semenjak masa kehamilan. Begitu pula ketika Anda sudah melahirkan dan berada dalam tahapan menyusui bayi Anda, penggunaan berbagai obat-obatan yang mengandung bahan-bahan kimia sebaiknya tetap dihindari.

Hal ini karena kandungan kimia dari obat-obatan tersebut bisa memicu berkurangnya produksi ASI dan membuat ASI menjadi kering. Jadi, usahakan untuk tidak mengkonsumsi obat-obatan apapun. Jika Anda sakit dan memang membutuhkan obat, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda mengenai obat yang aman untuk ibu menyusui dan juga bayi Anda.

2. Kurang minum air putih

Air putih merupakan minuman yang sangat dibutuhkan, terutama bagi Anda yang sedang menyusui. Perlu Anda ketahui bahwa air putih yang Anda konsumsi merupakan bahan baku pembuatan ASI dalam tubuh. Maka, jika Anda kekurangan minum air putih, otomatis yang diproduksi oleh tubuh juga menjadi sedikit bahkan kering. Oleh karena itu, perbanyaklah minum air putih terutama ketika Anda sedang menyusui.

3. Makan sembarangan

Pola makan serta asupan makanan yang Anda konsumsi sangatlah perlu diperhatikan ketika Anda menyusui. Anda tidak bisa lagi makan sembarangan seperti ketika dulu Anda belum menjadi ibu menyusui. Makanan yang Anda konsumsi haruslah memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu menyusui karena makanan tersebutlah yang akan menjadi ASI booster dan meningkatkan produksi ASI dalam tubuh.

Ada banyak makanan-makanan yang bisa meningkatkan produksi ASI, misalnya daun katuk, gandum, wortel, bayam, dan sayur-sayuran atau buah-buahan lainnya.

4. Salah memilih dan menggunakan breastpump

Breast pump atau pompa ASI merupakan alat bantu yang bisa Anda gunakan untuk mengeluarkan ASI. Pompa ASI ini bisa Anda gunakan ketika bayi sudah merasa kenyang dan tidak ingin menyusu namun ASI di payudara Anda belum habis dan payudara masih terasa kencang. Namun Anda juga perlu berhati-hati dalam memilih dan menggunakan pompa ASI.

Pemilihan dan cara penggunaan pompa ASI yang salah bukannya akan membantu Anda namun justru membuat produksi ASI menjadi berkurang atau terhenti. Pilihlah pompa ASI yang berkualitas dan pastikan Anda menggunakannya dengan tepat dan mengikuti instruksi atau panduan yang diberikan.

5. Tidak melakukan relaktasi dan memijat payudara

Relaktasi adalah kegiatan mendekatkan puting pada bayi agar bayi mau menyusu. Proses relaktasi dilakukan untuk mengembalikan suplai ASI dan mengosongkan payudara secara alami. Relaktasi merupakan hal yang penting karena jika Anda tidak mengosongkan payudara, tubuh Anda akan berhenti memproduksi ASI dan perlahan-lahan ASI akan menjadi kering.

Selain tidak melakukan relaktasi, kesalahan yang sering dilakukan selanjutnya adalah tidak memijat payudara. Payudara yang tidak rutin dipijat akan membuat produksi ASI berkurang. Maka, Anda sebaiknya rutin memijat payudara dengan tangan Anda.

Itulah beberapa penyebab produksi ASI berkurang. Maka, sebaiknya hindarilah hal-hal tersebut dan mulailah melakukan kegiatan atau mengkonsumsi makanan yang bisa menjadi ASI booster.

Leave A Reply

Your email address will not be published.